Prosposal Mengadakan Pertunjukan Seni Budaya Secara Virtual

Genderang Swargabhumi

Seni sebagai suatu bentuk ekspresi yang memiliki sifat-sifat kreatif, emosional, individual, abadi dan universal. Sesuai dengan sifatnya yang kreatif, maka seni sebagai kegiatan manusia selalu melahirkan kreasi-kreasi baru, mengikuti nilai yang berkembang di masyarakat, dalam hal ini masyarakat Indonesia
Indonesia merupakan negara yang memiliki keunikan khusus karena terdiri dari ribuan suku (sensus 2010 : 1,340 suku di Indonesia). Setiap suku ini melahirkan dan memiliki kekayaan dan keragaman kebudayaan. Bentuk seni budaya tersebut berupa Tari, Musik Tradisional, Seni Pahat, Seni Lukis, dan masih banyak lagi jenis bentuk ekspresi karya seni lainnya.

Berangkat dari latar belakang tersebut, Komunitas Perempuan Menari merasa memiliki semangat yang sama untuk mewujudkan apreasiasi kepada keragaman budaya ini.
Bertolak dari kondisi pandemi yang terjadi saat ini, maka Komunitas kami memiliki wacana untuk menampilkan pergelaran seni tari kreasi nusantara menggunakan properti yang menghasilkan bunyi dan berkolaborasi dengan musik kreasi yang berangkat dari tradisi yang ditampilkan secara virtual.

Sebagai wujud apresiasi insan seni terutama penari tradisional dan pemusik tradisional Indonesia. Menumbuhkembangkan kreatifitas musik tradisional Indonesia untuk tetap berkarya dalam era digital. Mengangkat dan mengembalikan eksistensi peranan seni pertunjukan, sebagai media yang efektif bagi masyarakat, sebagai hiburan, tontonan yang memiliki nilai-nilai dan budaya sesuai karakter bangsa kita. Memberikan ruang seni yang efektif menjangkau semua kalangan dalam masa pandemi ini melalui media yang mudah diakses semua masyarakat.

Dalam karya ini, musik bukan hanya sebagai pengiring sebuah pertunjukan tari, begitu pula sebaliknya. Dari taripun dapat menghasilkan bunyi yang berkolaborasi, bersahutan maupun seirama dengan pengiring bunyinya hingga menghasilkan warna musik yang berbeda yang dapat dinikmati dan bukan hanya untuk didengar namun juga menarik untuk dilihat sebagai seni pertunjukan.

Judul Genderang Swargabhumi bermakna bahwa Genderang sebagai tetabuhan pembangkit semangat jiwa dan Swargabhumi diartikan sebagai masyarakat di bumi surga Indonesia.



Komentar

Postingan Populer